Carilah pengetahuan seluas-luasnya sampai kamu tidak tahu seluas apa pengetahuanmu

Selasa, 08 November 2016

Rahasia dibalik wangi hujan yang khas


Rahasia dibalik wangi hujan yang khas
Pixabay.com



Ketika kemarau sudah lama mengeringkan permukaan bumi, tentu sobat sudah menantikan moment dimana air hujan kembali bercumbu (ceileh) dengan sang bumi pertiwi.

Ketika hujan pertama kali turun dan saat itu pula bau wangi khas hujan menyeruak membuat suasana syahdu. Nah, pertanyaannya dari manakah aroma khas itu muncul ?

Inilah Rahasia dibalik wangi hujan yang khas seperti dilansir DW.COM

Gambar Pixabay.com

Benturan antara rintik hujan dengan tanah menimbulkan gelembung yang memuat partikel terkecil dari dalam tanah. Gelembung Aerosol inilah yang membuat hujan memiliki aroma wangi yang khas.

Ilmuwan Australia menamai aroma hujan dengan nama Petrikor pada tahun 1964. Bau tersebut berasal dari minyak nabati dan senyawa alkohol bernama Geosmin yang dilepaskan oleh tumbuhan saat cuaca kering.
Peneliti menemukan fakta bahwa gerimis lebih banyak mengeluarkan aroma tersebut dari pada dikala hujan lebat. Salah satu faktor yang menentukan intensitas aroma hujan adalah  tingkat kekeringan tanah. Semakin kering kondisi tanah semakin intensif juga aroma yang di timbulkan.

Ozon juga ikut berpengaruh, karena kilatan petir membelah molekul oksigen  dan nitrogen menjadi atom terpisah. (terasa banget kalau kita hujan-hujanan di kampung yang masih alami dimana air hujan rasanya begitu segar dan emmm… ) penjelasan ilmiahnya adalah atom yang terpisah tadi beberapa kemudian bergabung kembali membentuk Nitrogen Monoksida yang setelah bersentuhan dengan senyawa lain di udara kemudian membentuk sebuah molekul yang terdiri atas tiga atom oksigen, O3, alias Ozon. 

Namun di balik keindahan itu, peneliti meyakini partikel kecil yang dilepaskan ke udara juga berpotensi melepaskan virus dan bakteri yang tersimpan di permukaan tanah. Penemuan ini bisa menjelaskan bagaimana sejumlah penyakit yang bersarang di permukaan tanah bisa menyebar. Kini ilmuwan MIT sedang meneliti bagaimana bakteri E.coli mewabah dengan bantuan air hujan.

Nah sobat tonapedia, itulah rahasia dibalik wangi hujan yang khas. Namun bagaimanapun sobat harus tetap waspada yah dengan bakteri yang terbawa bersama wangi aromanya. Sudah jadi hukum alam setiap ada keindahan disitu pula ada bahaya kalau sobat semua tidak waspada.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Arsip blog

Diberdayakan oleh Blogger.