Carilah pengetahuan seluas-luasnya sampai kamu tidak tahu seluas apa pengetahuanmu

Jumat, 14 Oktober 2016

Orator ulung Indonesia

ilustrasi gambar via solo pos

Dunia perpolitikan Indonesia belakangan ini lagi heboh dengan dugaan penistaan agama oleh bakal calon Gubernur DKI Jakarta, Basuki Cahaya Purnama. Banyak umat Muslim yang tidak terima melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Balai kota.

Bicara masalah demo atau unjuk rasa, rasanya kurang komplit kalau tidak melirik peran penting sang orator. Sang orator lah yang membakar semangat paraa demonstran dengan kata-kata yang menggugah semangat.

Secara bahasa Orator adalah seorang pembicara yang mempunyai reputasi kepandaian berpidato dalam jangka waktu lama. wiki

Para orator politik terkenal yang tercatat sejarah antara lain, Winston Churchill, Adolf Hitler, Franklin D. Roosevelt dan presiden pertama Indonesia Ir.Soekarno.

Berikut ini adalah Orator hebat yang pernah dimiliki Indonesia

1. Ir. Soekarno


Siapa sih yang menyangkal salah satu pahlawan proklamasi ini, kata-katanya yang penuh dengan motivasi dapat membakar semangat perjuangan rakyat Indonesia. Konon, beliau adalah salah satu dari tiga orator handal didunia pada masa itu.

2. Bung Tomo


Dalam peringatan hari pahlawan 10 November, nama beliau pasti dikenang. Pahlawan gagah berani yang membakar semangat arek-arek Surabaya untuk terus bertempur sampai titik darah penghabisan. Sehingga bisa mengalahkan pasukan sekutu di bawah pimpinan AWS Mallaby.

BACA JUGA : Tokoh Santri dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia

3. Jendral Sudirman


Jendral legend ini tak lagi diragukan kehandalannya dalam memberi semangat ada pengikutnya untuk terus memperjuangkan kemerdekaan. Taktik perang gerilyanya membuat penjajah ketar ketir. Dedikasinya tak tergantikan sampai dalam kondisi sakit un beliau masih memimpin perang

4. KH. Bisyri Mustofa


Beliau adalah ayah dari KH. Mustofa Bisyri (Gus Mus), seorang kyai, mubaligh, politisi, orator dan penulis. Zaman sekarang sulit untuk menemukan sosok seperti beliau. Tak heran jika KH. Sahal Mahfudz menyebut kyai Bisri Mustofa adalah yang paling memukau di zamannya.

  5. HOS Tjokroaminoto


Guru dari para tokoh pejuang Indonesia ini berpengaruh besar dalam pergolakan perjuangan rakyat Indonesia, beliau adalah sosok yang sangat mencintai rakyat Indonesia. Sosok orator sejati yang mana pidato-pidatonya sangat menggelora dan mengobarkan semangat perjuangan kala itu.

Nah itulah sobat tonapedia,, para orator ulung yang berjuang untuk menegakkan kemerdekaan negara Republik Indonesia. Semoga semangat perjuangan mereka tidak pernah dilupakan oleh generasi sekarang.









Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Arsip blog

Diberdayakan oleh Blogger.